Pentingnya Melakukan Rotasi Ban Mobil

Melakukan rotasi ban merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh tiap pemilik kendaraan, hal ini penting agar performa ban mobil anda tetap prima sehingga dapat menjaga kenyamanan dalam berkendara. Walaupun terdengar sepele, namun ada baiknya anda melakukan rotasi ban mobil secara rutin.

Merotasi ban sesungguhnya merupakan langkah menukar posisi ban, ban yang tadinya terletak di roda depan ditukar temroda belakang dan sebaliknya. Tujuan melakukan rotasi ban adalah untuk membuat menyamaratakan pemakaian ban. Pada saat melakukan pengereman, biasanya ban depan memiliki respon sistem pengereman yang lebih cepat untuk menjaga keamanan. Oleh sebab itu, ban depan cenderung lebih cepat aus dibanding ban belakang. 

Rotasi ban dapat dilakukan tiap 5,000 – 10,000 KM atau tergantung kondisi dari telapak ban.

Bagaimana anjuran yang tepat untuk melakukan rotasi ban?
Anjuran untuk melakukan rotasi ban yang paling sering diberikan adalah dengan menggunakan teknik menyilang ban, yaitu dengan menukar posisi ban kiri depan dengan ban kanan belakang dan sebaliknya.

Selain itu dapat juga dengan menukar posisi ban depan dengan ban belakang, bisa dengan teknik silang maupun langsung ditukar ban bagian depan kanan dengan ban bagian belakang kanan dan sebaliknya.

Bagaimana jika telapak ban sudah aus/gundul?
Hal ini menandakan bahwa anda perlu mengganti ban dengan yang baru. Anda tidak perlu pusing terkait bagaimana cara memesan ban, karena di Dunlop Madiun anda bisa membeli ban secara online. Proses pemasangan ban baru juga bisa dibantu oleh teknisi berpengalaman di Toko Model Dunlop sebagai jaringan resmi Dunlop, maupun di toko ban terdekat di kota anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu