Nissan X-Trail 2021 Exterior

Pemilihan, Pembelian Serta Perawatan Ban Mobil

Berbicara tentang mobil di masa kini ada saja inovasi terbaru yang sering dibahas, apalagi mengenai ban mobil yang seringkali menjadi perhatian pengguna mobil. Ban sebuah mobil ini menjadi bagian terpenting di antara komponen lainnya, seperti bagian interior, bagian inti atau bagian eksterior. Namun, jika Anda perhatikan pada ban sebuah mobil ini memiliki spesifikasi yang beragam, mulai dari bahan dan kualitasnya, serta harga ban sebuah mobil di pasaran pun bervariasi.

 

Namun, seiring berkembangnya ban mobil, perlu Anda ketahui bahwa kualitas dan bahan dasarnya mempengaruhi harga ban tersebut. Contohnya ketika Anda ingin membeli ban yang berkualitas tentunya perlu menggocek dompet lebih dalam. Sementara ban mobil yang ditawarkan memiliki spesifikasi dan jenis tertentu.

 

Jika Anda berkunjung atau berdomisili di Bandung atau Semarang, maka Anda akan melihat banyak sekali outlet yang menerima jual-beli ban mobil, bengkel ban, perbaikan dan renovasi, modifikasi dan lainnya. Outlet tersebut memang sekilas seperti penjualan ban saja, tetapi biasanya tersedia layanan bengkel dan pelayanan terpadu mengenai harga ban mobil, suku cadang, dan lain sebagainya.

 

Pada penggunaan ban mobil sendiri memiliki jenis yang berbeda dilihat dari jenis mobilnya. Jika Anda menggunakan mobil jenis VVTI atau jenis mobil pada umumnya, maka kapasitas ban yang digunakan lebih kepada ban bias. Ban bias ini memiliki tekanan untuk menekan panas di tengah sehingga melindungi perjalanan Anda dengan aman dan nyaman. Ban mobil jenis bisa ini biasa dipakai juga oleh angkutan umum dan taksi.

Jenis ban biasa ini memiliki harga ban yang cukup murah. Harga ban mobil ini dibanderol dengan harga 200-250 ribu, Anda sudah bisa menggunakan ban jenis bias. Kelebihan dari ban biasa ini memiliki tingkat penekanan panas yang baik. Kemudian, ban bias ini biasa Anda temui di beberapa outlet terdekat atau bengkel mobil langganan Anda. Adapun jenis ban biasanya digunakan pada mobil jenis VVTi seperti Avanza, Mobilio dan lainnya.

 

Di samping ban biasa, ada beberapa jenis ban yang perlu Anda tahu sebelum mengetahui harga ban yang ditawarkan. Sebelum Anda membeli ban sebuah mobil, ketahui terlebih dahulu jenis mobil Anda dan ban mobil apa yang cocok digunakan. Atau jika Anda ingin konsultasi perihal ban mobil, kami sarankan untuk datang langsung ke outlet ban mobil terdekat. Di sana Anda akan mendapat arahan memilih ban sebuah mobil, bagaimana perawatannya dan perihal merk, kualitas dan harga ban sebuah mobil.

 

Jadi, tidak perlu lagi Anda searching ban mobil di Google atau menanyakan pada kolega Anda. Cukup datang ke outlet ban mobil, kemudian Anda memilih ban sesuai dengan kapasitas mobil dan merk yang diinginkan. Berkaitan dengan jenis ban mobil, ada jenis RTF, Off-Road, Performance Tire, Comfort Tire, Radial, Spare Tire dan lain sebagainya. Mengapa jenis ban mobil ini penting Anda ketahui?

 

Pentingnya mengetahui ban mobil sebelum membeli akan berpengaruh pada performa mobil saat digunakan. Anda pastinya tidak ingin ban cepat bocor, oleng, kurang stabil atau sekedar kerusakan kecil yang sering dialami. Meski demikian, hal tersebut harus Anda ketahui dan bisa menanggulanginya. Maka, yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara mengetahui jenis ban mobil, kecocokan pada mobil dan perawatan ban tersebut.

 

Pertama, cara mengetahui ban mobil dilihat dari penggunaannya. Ini terlihat jelas ketika Anda ingin mengunakan ban yang sesuai dengan medan yang Anda sukai. Misalnya, Anda menggunakan mobil jenis SUV, maka kecocokan ban yang digunakan adalah dengan ring 15-17. Jenis ban berkapasitas ring 15-17 ini tentunya akan berpengaruh pada performa mobil Anda, karena sesuai dengan bodi dan kekuatan mobil Anda.

 

Jika mobil yang digunakan berupa Jeep atau Hammer, gunakan ban mobil dengan ring lebih besar dari jenis SUV. Karena bobot mobil akan berpengaruh pada jenis ban mobil yang digunakan, perihal ini perlu Anda ketahui karena berbeda dengan ban motor. Jenis ban berkapasitas besar ini biasanya masuk pada ban jenis radial untuk muatan penumpang atau truk, dan ban jenis Off-Road Tire yang sering digunakan pada mobil ukuran besar.

 

Kedua, pastikan Anda mengetahui kode ban dan perawatannya. Cara melihat kode ban terdapat pada sisi sebelah merk pada umumnya, dan ini perlu Anda ketahui meskipun terlihat sepele. Anda pasti pernah melihat ban mobil dengan kode 205/60/R/105V atau lebih besar angkanya, itu yang dinamakan kode ban yang wajib Anda ketahui saat membeli ban.

Cara Membaca Kode Ban Mobil

Ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui dari kode ban ini. Ada Width of Tire atau lebar ban, Aspect Ratio yaitu perbandingan antara tinggi dan lebar ban. Kemudian ada Radial, yakni jenis ban mobil yang digunakan. Load Index menunjukkan kapasitas beban pada ban mobil Anda. Selanjutnya ada Speed Rating yakni kecepatan yang dimiliki dilihat dari Load Index.

 

Jadi, Load Index dan Speed Rating ini saling berkaitan yakni ada kode yang perlu Anda perhatikan. Kode H pada ban tersebut artinya mobil yang digunakan memiliki kapasitas kecepatan maksimum 210 km/jam. Ban mobil yang digunakan pun akan dipengaruhi oleh berapa kecepatan maksimum mobil dan beban mobil tersebut. Hal ini berguna ketika Anda memilih ban haruslah mengetahui mobil dari Speed Ratio dan Load Index-nya.

 

Ketika Anda sudah mengetahui kode ban, kemudian Anda perlu mengetahui bagaimana perawatan ban. Untuk perawatan ban sendiri memiliki standar masing-masing sesuai jenis ban yang dipilih. Jenis ban mobil SUV atau MPV tentunya berbeda dengan jenis ban radial atau Spare Tire. Maka, disini kami akan memberikan tips merawat ban mobil dengan baik dan mudah.

People Changing Car Tyre

Pertama, sebelum berkendara pastikan tekanan angin ban terjaga. Maksudnya adalah ketika Anda hendak berkendara, usahakan jangan sampai kempes ban. Dampak kelalaian pengecekan ini yang lebih jelas adalah mobil tidak nyaman dipakai dan parahnya ban mobil mudah susut dan aus. Parahnya lagi, kempes ban mobil ini bisa merusak velg.

 

Kedua, pastikan Anda cek kondisi ban mobil. Ini dilakukan guna mengetahui apakah ban sudah tidak layak pakai atau perlu diganti total dengan ban dalamnya. Caranya bisa Anda lihat dari kondisi ban sudah mulai aus atau belum, sudah ada gejala kerusakan pada ban atau belum. Bila ada gejala kerusakan, segera periksa ke bengkel mobil terdekat atau jika sudah terlanjur parah disarankan untuk menggantinya.

 

Ketiga, perlu pembersihan secara berkala ketika Anda menggunakannya pada medan berat. Medan berat disini yakni berlumpur, becek dan berbatu seperti daerah perkampungan atau pesisir pantai. Setelah Anda berkendara, pastikan Anda mengecek ban mobil apakah ada kendala setelah berkendara di medan tersebut. Lalu, jika sudah mengetahui bagaimana cara memilih, memahami dan merawat ban sebuah mobil, selanjutnya ada saran ban yang wajib Anda ketahui. Sekian info dari kami, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu